CHAIN OF CUSTODY

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba merancang Chain Of Cutody baru dari beberapa model yang ada dan mungkin bisa digunakan dikemudian hari ketika menangani sebuah kasus.

Dari sekian refrensi atau model CoC yang ada penulis mendapat gambaran dan mencoba membuat sebuah Chain Of Custody baru, salah satu model CoC yang penulis pernah baca dan liat adalah.

Dari ketiga model CoC diatas, setiap CoC memiliki perbedaan dan persamaan, sehingga dari perbedaan dan persamaan itulah timbul gambaran dan mencoba untuk merancang yang sesuai menurut penulis untuk diterapkan di daerah sendiri.

Chain Of Custody (CoC) adalah kronologis pendokumentasian barang bukti, dari mulai di temukan di TKP hingga penduplikasian dan penyimpanannya baik secara fisik ataupun digital.  Dengan kata lain, CoC adalah sebuah dokumentasi dari barang bukti yang harus dijaga tingkat keasliannya sesuai dengan kondisi ketika pertama kali ditemukan. catatanforensikadigital

Rancangan Desain Chain Of Custody.

Kop CoC CoC 1CoC 2

Form Chain Of Custody ini di isi oleh petugas investigasi yang berada di lokasi kejadian perkara atau tempat – tempat yang berhubungan untuk ditemukannya barang bukti dalam mengungkap kasus kejahatan.

Keterangan

  1. Informasi Kasus : Merupakan kolom tempat pengisian mengenai hari atau tanggal kasus beserta keterangan lokasi kejadian.
  2. Yang Menyerahkan : Kolom yang di isi oleh investigator sendiri, mulai dari nama, waktu kejadian dan paraf, kemudian diserahkan ke lab.
  3. Yang Menerima : Kolom yang di isi oleh petugas lab. yang menerima langsung barang bukti untuk dianalisa.
  4. Deskripsi Singkat Kasus : Merupakan uraian kasus yang sedang dihadapi.
  5. Diskripsi Barang Bukti : Merupakan penjelasan akan barang bukti yang diterima jenis apa, kondisinya bagaimana dan spesifikasinya apa.

SUMBER

Tinggalkan komentar